PENERAPAN PERMAINAN CONE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A DI TK AS-SAADAH SURABAYA

FITRIA, MAULIDATUL (2020) PENERAPAN PERMAINAN CONE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A DI TK AS-SAADAH SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200078_abstract.pdf

Download (699kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27312.html

Abstract

Pembelajaran bagi anak usia dini yang menyenangkan yaitu bermain, salah satunya permainan cone adalah permainan yang sangat mudah digunakan dan praktis bagi anak usia dini, sehingga anak merasa senang karena permainan tersebut bisa bereksplorasi dan berbagai cara lain. Juga bisa melatih Kemampuan kognitif agar menyelesaikan pemecahan permasalahan sederhana seperti mengenal benda,bentuk, dan warna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan permainan cone terhadap kemampuan kognitif anak dengan melihat secara langsung proses belajar mengajar di Taman Kanak-kanak As-Sa’adah kecamatan bulak, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan cone terhadap kemampuan kognitif anak sebagai berikut Anak mampu mengenal benda dalam satu bentuk kerucut dan macam–macam warna, Anak mampu mengelompokkan semua benda berdasarkan warna yang sama, Anak mampu mengurutkan benda berdasarkan bentuk dan warna yang sama.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHardiningrum, AndiniNIDN0703109202andinihardiningrum@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Permainan Cone, Kemampuan Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 11 Apr 2023 08:12
Last Modified: 11 Apr 2023 08:12
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9516

Actions (login required)

View Item View Item