SETYADARMAWATI, MARTHINA HADI
(2020)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA MELALUI MEDIA BIG BOOK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT CERIA DARMO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kemampuan bahasa anak usia dini memang belum sempurna. Kemampuan
dalam perkembangannya dapat di stimulasi dengan komunikasi aktif dengan
bahsa yang baik dan benar. Dengan adanya suatu media, keterampilan bahasa
suatu anak akan menjadi terangsang untuk lebih berkembang, serta anak dapat
bercerita dengan melihat gambar besar yang mereka pahami. Tujuan peneliti
adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dengan menggunakan metode
bercerita melalui media big book pada anak usia 3 - 4 tahun di PPT Ceria Darmo
Surabaya. Pada penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang memaparkan proses maupun
hasil, yang melakukan PTK di kelasnya serta menggunakan beberapa metode
seperti metode demonstrasi yang dilaksanakan dengan cara memperagakan
barang, kejadian dan urutan dalam melakukan suatu kegiatan baik secara langsung
maupun dengan media pengajaran, serta metode percobaan dengan cara mengajar
dalam bercerita dimana peserta didik diajak berkumpul untuk melihat dan
mendengarkan cerita dengan media yaitu big book.
Setelah dilakukannya penelitian, berdasarkan pengamatan peneliti yang
juga guru pada kelompok tersebut, diperoleh rata-rata presentase sudah tidak ada
lagi peserta didik yang tergolong dalam kriteria Belum Berkembang (BB), serta
Mulai Berkembang (MB), hanya didapatkan dari 20 peserta didik sebagian kecil
(25%) tergolong kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan sebagian besar
(75%) tergolong kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Di harapkan guru lebih
kreatif dalam menggunakan metode – metode yang dapat meningkatkan bahasa
dan peserta didik sejak dini dengan lebih sering mendengarkan cerita guru.
Sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana dalam menunjang pelaksanaan
proses belajar mengajar yang merangsang kekreatifan peserta didik dalam bahasa.
Penerapan metode bercerita dalam pembelajaran sangat dapat meningkatkan
ketrampilan bahasa pada peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |