WAHYUNINGSIH, IIN
(2020)
MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL AGAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA TENTANG PERILAKU NABI MUHAMMAD SAW DI TK BUNDA GHIFARI KENJERAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Salah satu potensi anak yang sangat perlu diperhatikan adalah potensi
penalarannya terhadap moral. Dongeng atau bercerita juga dapat menjadi salah satu
media komunikasi untuk menyampaikan beberapa pelajaran atau pesan moral kepada
anak. Anak di TK Bunda Ghifari saat ini merupakan individu yang unik. Satu kelas
berisi 20 anak dengan 3 guru. Sebagian besar anak suka memaksakan kehendaknya dan
terkadang memukul temannya bila tidak sesuai dengan keinginannya. Maka
permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru dalam
meningkatkan perkembangan moral anak usia dini, bagaimana aktivitas dan hasil
perkembangan moral anak usia dini, serta bagaimana penggunaan media buku cerita dan
gambar dalam kegiatan becerita yang dapat meningkatkan moral anak usia dini di TK
Bunda Ghifari Kenjeran Surabaya
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru
serta aktivitas dan perkembangan moral anak usia dini dalam kegiatan bercerita. Moral
merupakan hal – hal yang dihubungkan dengan prilaku yang benar dan yang salah,
sesuai keyakinan etis pribadi atau kaidah – kaidah kelompok dan sosial.sedangkan cerita
dongeng merupakan bentuk kesenian yang paling lama. Mendongeng merupakan cara
meneruskan warisan budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya.
Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) . Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi dokumenter. Setiap siklus penelitian terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada siklus 1 perkembangan moarl anak telah
mencapai ketuntasan belajar sudah meningkat menjadi 45%. Namun masih ada anak
yang belum mampu dalam perkembangan moralnya sebesar 20%. Sehingga peneliti
melaksanakan siklus 2 karena ketuntasan belajar masih kurang dari yang diharapkan
yaitu 70%. Ketuntasan belajar pada siklus 2 ini sebesar 75% dengan rincian 60% anak
telah mencapai skor 3 dan 15% anak telah mencapai skor 4. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kegiatan bercerrita atau mendongeng dapat meningkatkan
perkembangan moral anak usia dini di TK Bunda Ghifari Kenjeran Surabaya.
Actions (login required)
|
View Item |