WAHYUNINGSIH, IIN
  
(2020)
MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL AGAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA TENTANG PERILAKU NABI MUHAMMAD SAW DI TK BUNDA GHIFARI KENJERAN SURABAYA.
    [Undergraduate Thesis]
  
  
  
  
  
    
  
    
      
      
    
  
  
    
  
  
    Abstract
    Salah satu potensi anak yang sangat perlu diperhatikan adalah potensi 
penalarannya terhadap moral. Dongeng atau bercerita juga dapat menjadi salah satu 
media komunikasi untuk menyampaikan beberapa pelajaran atau pesan moral kepada 
anak. Anak di TK Bunda Ghifari saat ini merupakan individu yang unik. Satu kelas 
berisi 20 anak dengan 3 guru. Sebagian besar anak suka memaksakan kehendaknya dan 
terkadang memukul temannya bila tidak sesuai dengan keinginannya. Maka 
permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru dalam 
meningkatkan perkembangan moral anak usia dini, bagaimana aktivitas dan hasil 
perkembangan moral anak usia dini, serta bagaimana penggunaan media buku cerita dan 
gambar dalam kegiatan becerita  yang dapat meningkatkan moral anak usia dini di TK 
Bunda Ghifari Kenjeran Surabaya 
 
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru 
serta aktivitas dan perkembangan moral anak usia dini dalam kegiatan bercerita. Moral 
merupakan hal – hal yang dihubungkan  dengan prilaku yang benar dan yang salah, 
sesuai keyakinan etis pribadi atau kaidah – kaidah kelompok dan sosial.sedangkan cerita 
dongeng merupakan bentuk kesenian yang paling lama. Mendongeng merupakan cara 
meneruskan warisan budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya. 
 
Jenis  penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) . Teknik 
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi dokumenter. Setiap siklus penelitian terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada siklus 1 perkembangan moarl anak telah 
mencapai ketuntasan belajar sudah meningkat menjadi 45%. Namun masih ada anak 
yang belum mampu dalam perkembangan moralnya sebesar 20%. Sehingga peneliti 
melaksanakan siklus 2 karena ketuntasan belajar masih kurang dari yang diharapkan 
yaitu 70%. Ketuntasan belajar pada siklus 2 ini sebesar 75% dengan rincian 60% anak 
telah mencapai skor 3 dan 15% anak telah mencapai skor 4. Hasil penelitian 
menunjukkan bahwa kegiatan bercerrita atau mendongeng dapat meningkatkan 
perkembangan moral anak usia dini di TK Bunda Ghifari Kenjeran Surabaya.
  
  
  
  
  
    Actions (login required)
    
    
      
          | 
        View Item |