MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL AGAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA TENTANG PERILAKU NABI MUHAMMAD SAW DI TK BUNDA GHIFARI KENJERAN SURABAYA

WAHYUNINGSIH, IIN (2020) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL AGAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA TENTANG PERILAKU NABI MUHAMMAD SAW DI TK BUNDA GHIFARI KENJERAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200088_abstract.pdf

Download (317kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27448.html

Abstract

Salah satu potensi anak yang sangat perlu diperhatikan adalah potensi penalarannya terhadap moral. Dongeng atau bercerita juga dapat menjadi salah satu media komunikasi untuk menyampaikan beberapa pelajaran atau pesan moral kepada anak. Anak di TK Bunda Ghifari saat ini merupakan individu yang unik. Satu kelas berisi 20 anak dengan 3 guru. Sebagian besar anak suka memaksakan kehendaknya dan terkadang memukul temannya bila tidak sesuai dengan keinginannya. Maka permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru dalam meningkatkan perkembangan moral anak usia dini, bagaimana aktivitas dan hasil perkembangan moral anak usia dini, serta bagaimana penggunaan media buku cerita dan gambar dalam kegiatan becerita yang dapat meningkatkan moral anak usia dini di TK Bunda Ghifari Kenjeran Surabaya Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru serta aktivitas dan perkembangan moral anak usia dini dalam kegiatan bercerita. Moral merupakan hal – hal yang dihubungkan dengan prilaku yang benar dan yang salah, sesuai keyakinan etis pribadi atau kaidah – kaidah kelompok dan sosial.sedangkan cerita dongeng merupakan bentuk kesenian yang paling lama. Mendongeng merupakan cara meneruskan warisan budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi dokumenter. Setiap siklus penelitian terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada siklus 1 perkembangan moarl anak telah mencapai ketuntasan belajar sudah meningkat menjadi 45%. Namun masih ada anak yang belum mampu dalam perkembangan moralnya sebesar 20%. Sehingga peneliti melaksanakan siklus 2 karena ketuntasan belajar masih kurang dari yang diharapkan yaitu 70%. Ketuntasan belajar pada siklus 2 ini sebesar 75% dengan rincian 60% anak telah mencapai skor 3 dan 15% anak telah mencapai skor 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bercerrita atau mendongeng dapat meningkatkan perkembangan moral anak usia dini di TK Bunda Ghifari Kenjeran Surabaya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaimunah, SitiNIDN0701027003maimunah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Bercerita, Perkembangan Moral.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 11 Apr 2023 08:35
Last Modified: 11 Apr 2023 08:35
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9520

Actions (login required)

View Item View Item