STUDI KOMPARASI KEPERCAYAAN DIRI (SELF CONFIDENCE) SISWA YANG MENGALAMI VERBAL BULLYING DAN YANG TIDAK MENGALAMI VERBAL BULLYING DI SD NEGERI 104 GRESIK

AZMI, INDRIANA ULUL (2021) STUDI KOMPARASI KEPERCAYAAN DIRI (SELF CONFIDENCE) SISWA YANG MENGALAMI VERBAL BULLYING DAN YANG TIDAK MENGALAMI VERBAL BULLYING DI SD NEGERI 104 GRESIK. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-210051_abstract.pdf

Download (642kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-30254.html

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kepercayaan diri (self confidence) siswa yang mengalami verbal bullying dan yang tidak mengalami verbal bullying, serta untuk menguji ada tidaknya perbedaan antara kepercayaan diri (self confidence) siswa yang mengalami verbal bullying dengan yang tidak mengalami verbal bullying. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuanitatif dengan metode penelitian komparatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V dan VI. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan oleh peneliti. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket atau google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis statistic deskriptif dan uji man whitney. Hasil penelitian yang didapat adalah 10 dari 30 responden mengalami tindakan verbal bullying dan memiliki kepercayaan diri yang rendah, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan analisis statistic deskriptif yang memperoleh skor >60% sedangkan untuk kepercayaan diri siswa yang tidak mengalami tindakan verbal bullying memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Kepercayaan diri siswa yang mengalami verbal bullying dengan kepercayaan diri siswa yang tidak mengalami verbal bullying terdapat perbedaan hal ini dibuktikan dengan perhitungan ujii man whitney yang memperoleh nilai Asymp. Sig sebesar 0,000 sehingga dapat diketahui bahwa 0,000 < 0,05 maka ℎ0 ditolak sedangkan ℎ1 diterima, sehingga ada perbedaan antara kepercayaan diri siswa yang mengalami verbal bullying dengan kepercayaan diri siswa yang tidak mengalami verbal bullying.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNafiah, NafiahNIDN0723128403nefi_23@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: studi komparasi, kepercayaan diri, verbal bullying
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 12 Apr 2023 08:34
Last Modified: 12 Apr 2023 08:34
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9537

Actions (login required)

View Item View Item