AZMI, INDRIANA ULUL
(2021)
STUDI KOMPARASI KEPERCAYAAN DIRI (SELF CONFIDENCE) SISWA YANG MENGALAMI VERBAL BULLYING DAN YANG TIDAK MENGALAMI VERBAL BULLYING DI SD NEGERI 104 GRESIK.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kepercayaan diri (self confidence)
siswa yang mengalami verbal bullying dan yang tidak mengalami verbal bullying, serta untuk
menguji ada tidaknya perbedaan antara kepercayaan diri (self confidence) siswa yang
mengalami verbal bullying dengan yang tidak mengalami verbal bullying. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuanitatif dengan metode penelitian komparatif.
Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V dan VI. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan oleh
peneliti. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket
atau google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis statistic deskriptif
dan uji man whitney. Hasil penelitian yang didapat adalah 10 dari 30 responden mengalami
tindakan verbal bullying dan memiliki kepercayaan diri yang rendah, hal ini dapat dilihat dari
hasil perhitungan analisis statistic deskriptif yang memperoleh skor >60% sedangkan untuk
kepercayaan diri siswa yang tidak mengalami tindakan verbal bullying memiliki kepercayaan
diri yang tinggi. Kepercayaan diri siswa yang mengalami verbal bullying dengan kepercayaan
diri siswa yang tidak mengalami verbal bullying terdapat perbedaan hal ini dibuktikan dengan
perhitungan ujii man whitney yang memperoleh nilai Asymp. Sig sebesar 0,000 sehingga dapat
diketahui bahwa 0,000 < 0,05 maka ℎ0 ditolak sedangkan ℎ1 diterima, sehingga ada perbedaan
antara kepercayaan diri siswa yang mengalami verbal bullying dengan kepercayaan diri siswa
yang tidak mengalami verbal bullying.
Actions (login required)
|
View Item |