WULANDARI, EKY NUR (2022) ASUHAN KEPERAWATAN PADA IBU POST PARTUM DENGAN MASALAH KEPERAWATAN MENYUSUI TIDAK EFEKTIF DI RSIA KIRANA TAMAN SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]
PDF
KT-KP-220003_abstract.pdf Download (477kB) |
Abstract
Menyusui tidak efektif merupakan kondisi dimana ibu dan bayi mengalami ketidak puasan atau kesulitan saat menyusui. Kegagalan dalam proses menyusui sering disebakan karena masalah pada ibu ataupun bayinya. Tujuan pada studi kasus ini adalah melakukan asuhan keperawatan pada pasien dengan masalah keperawatan menyusui tidak efektif pada pasien post partum di rumah sakit ibu dan anak KIRANA Taman Sidoarjo. Desain penelitian ini menggunakan metode studi kasus, subjek penelitian menggunakan dua responden dengan masalah keperawatan menyusui tidak efektif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, pemeriksaan fisik dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan asuhan keperawatan yang meliputi pengkajian, diagnosa keperawatan, intervensi keperawatan, implementasi keperawatan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua pasien mempunyai masalah keperawatan menyusui tidak efektif pada ibu post partum. Hasil dari tindakan Asuhan Keperawatan ibu sudah bisa menyusui dan ASI sudah keluar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah setelah dilakukan asuhan keperawatan pada kedua responden masalah keperawatan menyusui tidak efektif teratasi dalam waktu tiga hari setelah dilakukannya perawatan payudara,edukasi menyusui dan tindakan farmakologi.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | menyusui tdak efektif, post partum. | ||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||
Divisions: | Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Diploma III Nursing | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Adit | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2024 07:44 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jan 2024 07:44 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9716 |
Actions (login required)
View Item |