PUTHREE, AN NISA and Rahayu, Dewi Widiana and Ibrahim, Muslimin and Djazilan, Muhammad Sukron (2021) Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 5 (5). pp. 3101-3108. ISSN 2580-1147
PDF
Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring.pdf Download (324kB) |
|
PDF
peer review muhammad sukron djazilan.pdf Download (905kB) |
|
PDF
turnitin muhammad sukron djazilan.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa serta faktor penghambat dan pendukung selama pembelajaran daring pada siswa kelas II SD Al Islamiyyah Surabaya. Teknik pengumpulan data, menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif setelah terlebih dahulu direduksi (data reduction), dan diuji keabsahannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa rendah disebabkan oleh faktor internal dan eksternal siswa. Faktor internal siswa meliputi kejenuhan, minat belajar, kesehatan fisik dan mental. Sedangkan faktor eksternal siswa adalah keadaan keluarga, lingkungan di rumah, dan sarana prasarana. Solusinya selama pembelajaran daring ini orang tua harus memberikan pendampingan dalam mengawasi masalah belajar anak, memberikan dukungan untuk belajar dengan baik, serta guru harus bisa menciptakan pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan media dan metode belajar yang tepat. Karena pembelajaran daring merupakan pembelajaran dengan cara yang baru bagi siswa Sekolah Dasar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar, Siswa Kelas II SD, Pembelajaran Daring |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education |
Depositing User: | Mr. . Bagas |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 09:29 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 09:29 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10592 |
Actions (login required)
View Item |