Qudsia, Siti Maftul and Hidayat, Muhammad Thamrin and Ibrahim, Muslimin and Djazilan, Muhammad Sukron (2022) Manajemen Pembelajaran IPA Berbasis Alam Pada Kelas IV SD Alami Driyorejo Gresik. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (1). pp. 74-91. ISSN 2549-9149
PDF
Manajemen Pembelajaran IPA Berbasis Alam Pada Kelas IV SD Alami Driyorejo Gresik.pdf Download (489kB) |
|
PDF
peer review muhammad sukron djazilan.pdf Download (959kB) |
|
PDF
turnitin muhammad sukron djazilan.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang implementasi manajemen berbasis alam. Di samping itu ingin mengetahui hambatan dan respon siswa yang dialami sekolah dalam menerapkan manajemen berbasis alam, serta hasil belajar siswa pada sekolah dalam menerapkan manajemen berbasis alam pada pembelajaran IPA kelas IV di SD Alami Driyorejo Gresik. Teknik pengumpulan data, menggunakan observasi,wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode penelitian explorative kualitatif. Subjek yang digunakan 24 siswa kelas IV, guru kelas IV, kepala sekolah D Alami Driyorejo Gresik. Hasil penelitian ini yaitu dalam melakukan manajemen pembelajaran sekolah tersebut melalui tiga langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran IPA dilakukan di alam dengan menyesuaikan materi dengan lingkungan alam sekitar. Respon siswa dalam pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis alam mendapatkan respon baik. Adapun hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis alam adalah kondisi cuaca, kondisi siswa dan waktu yang dibutuhkan cukup lama. Nilai akademik siswa sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rata-rata nilai yang dicapai oleh siswa 80-90 dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Sekolah Alam, Pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education |
Depositing User: | Mr. . Bagas |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 02:15 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 02:15 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10612 |
Actions (login required)
View Item |