Pelaksanaan Supervisi Kontekstual Dalam Pembinaan Profesionalitas Guru Kurikulum Merdeka Belajar

Masnawati, Eli and Retnowati, Eli and Djazilan, Muhammad Sukron (2023) Pelaksanaan Supervisi Kontekstual Dalam Pembinaan Profesionalitas Guru Kurikulum Merdeka Belajar. JBT (Jurnal Bisnis dan Teknologi), 10 (1). pp. 8-11. ISSN 2356-2544

[img] PDF
Pelaksanaan Supervisi Kontekstual Dalam Pembinaan Profesionalitas Guru Kurikulum Merdeka Belajar.pdf

Download (303kB)
[img] PDF
peer review muhammad sukron djazilan.pdf

Download (918kB)
[img] PDF
turnitin muhammad sukron djazilan.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://nscpolteksby.ac.id/ejournal/index.php/jbt/...

Abstract

Pelaksanaan kurikulum Merdeka Belajar merupakan penyempurnaan kurikulum sebelumnya untuk mewujudkan sistem pendidikan Nasional kompetitif dan relevan dengan perkembangan zaman sehingga perlu adanya pembimbingan dan pembinaan dalam bentuk supervise kontekstual. Penelitian ini bertujuan menemukan dan mendiskripsikan fenomenologi (1) pola interaksi supervisi kontekstual dalam pembinaan profesionalitas guru (2) pendekatan – pendekatan supervisi kontekstual dalam pembinaan profesionalitas (3) pengawasan dan evaluasi pelaksanaan supervisi kontekstual pembinaan profesionalitas guru optimalisasi Merdeka Belajar. Hasil penelitian ini (1) Pola interaksi dalam pelaksanaan supervisi kontekstual pembinaan profesionalitas guru optimalisasi Kurikulum Merdeka Belajar. Hasil penelitian (1) pola interaksi pertemuan terjadwal rutin dilakukan satu bulan sekali hari senin selepas upacara minggu pertama, Pola interaksi kedua dalam pembinaan guru selalu dilakukan saat perpisahan pelepasan kelulusan kelas IX Ketiga saat disela sela makan siang. (2) Pendekatan-pendekatan pelaksanaan supervisi kontekstual Pertama dilakukan secara kelompok. Kedua pendekatan individu, Ketiga pendekatan guru senior (3) Pengawasan dan evaluasi pelaksanaan supervise. Pelaksanaan oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah serta pengawas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Contextual Supervision, Coaching, Professionalism, Independent Learning, Supervisi Kontekstual, Pembinaan, Profesionalitas, Merdeka Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:51
Last Modified: 07 Feb 2024 02:51
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10617

Actions (login required)

View Item View Item