NAJIH, ARJUN (2024) IMPLEMENTASI MEDIA WAYANG UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER NASIONALIS SISWA KELAS III SDN SAWUNGGALING VII SURABAYA. [Undergraduate Thesis]
![]() |
PDF
SR-SD-240003_abstrak.pdf Download (11kB) |
Abstract
Pentingnya penanaman nasionalisme dan patriotisme dalam mengatasi permasalahan pada siswa sejak dini, dikaranekan pada masa kini anak di fase perkembangan yang sangat kritis Dampak adanya perkembangan teknologi di era ini yakni kurangnya Pendidikan karakter nasionalis terhadap anak usia dini. Tujuan pada penelitian ini adalah meningkatkan pendidikan karakter nasionalis dengan penggunaan media wayang. Objek penelitian ini yakni siswa kelas III di SDN Sawunggaling VII surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi sebagai bentuk pengamatan, dan tes tulis sebagai pengukuran peningkatan pendidikan karakter nasionalis siswa. nilai i yaitu i Hasil penelitian ini yang didapatkan dari tes tulis siswa pada siklus satu 61% masih hasil i keseluruhan i rata-rata i mencapai i I i pada siklus i analisis i dinyatakan kurang mencapai target yang diinginkan peneliti, yang dimana target minimumnya yaitu 75% sehingga peneliti melakukan siklus ke dua yang diperoleh sebesar 82% dan berada pada kategori tuntas karena telah mencapai KKM yaitu 75. Sehingga kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa media wayang dapat digunakan untuk meningkatkan pendidikan karakter nasionalis siswa kelas III di SDN Sawunggaling VII Surabaya.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Wayang, Pendidikan, Karakter Nasionalis | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Bagas | ||||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2025 08:14 | ||||||||
Last Modified: | 07 Jul 2025 08:14 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10950 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |