AZIZ, UMMUL KHOIR (2024) PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS 1 SDN PAKAL I SURABAYA: PROBLEMATIKA DAN STRATEGI GURU DALAM MENGATASINYA. [Undergraduate Thesis]
![]() |
PDF
SR-SD-240007_ABSTRAK.pdf Download (26kB) |
Abstract
Penelitian tentang pembelajaran menulis di kelas 1 SDN Pakal I Surabaya: problematika dan strategi guru dalam mengatasinya, memiliki fokus penelitian: (1) problematika pembelajaran menulis di kelas 1 SDN Pakal I Surabaya yang diperinci menjadi (a) problematika materi pembelajaran, (b) problematika metode pembelajaran, (c) problematika peserta didik, (d) problematika sarana prasarana, dan (2) strategi guru dalam mengatasi problematika pembelajaran menulis di kelas 1 SDN Pakal I Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi problematika pembelajaran menulis di kelas 1 SDN Pakal I Surabaya; (a) problematika materi pembelajaran, (b) problematika metode pembelajaran, (c) problematika peserta didik, (d) problematika sarana prasarana, dan (2) mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi problematika pembelajaran menulis di kelas 1 SDN Pakal I Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Uji keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji kredibilitas: uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa problematika pembelajaran menulis termasuk kesulitan dalam materi pembelajaran yang sulit diajarkan dan dipahami oleh peserta didik. Selanjutnya, tidak terdapat problematika dengan metode pembelajaran. Problematika juga muncul pada peserta didik, seperti: waktu yang lama dalam menulis, ukuran huruf tidak sama, kekurangan atau kelebihan huruf dalam menulis kata sehingga kata tersebut tidak bermakna, kesulitan dalam menyusun kalimat, kesulitan dalam penggunaan tanda baca. Namun, dalam problematika sarana prasarana, guru masih terkendala dalam remot proyektor. Adapun strategi guru dalam mengatasi problematika peserta didik dalam pembelajaran menulis, meliputi: menambahkan waktu, memberikan perhatian kepada peserta didik, menggunakan buku kotak dan buku halus.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Menulis, Problematika, Strategi Guru. | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Bagas | ||||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2025 08:47 | ||||||||
Last Modified: | 07 Jul 2025 08:47 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10958 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |