EFEKTIVITAS INTEGRASI JAPANESE MULTIPLICATION METHOD DAN GAME ONLINE DENGAN WORDWALL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERKALIAN

EMILIA, FIRDA (2024) EFEKTIVITAS INTEGRASI JAPANESE MULTIPLICATION METHOD DAN GAME ONLINE DENGAN WORDWALL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERKALIAN. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240010_ABSTRAK.pdf

Download (5kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38177.html

Abstract

Mata pelajaran matematika sering kali menjadi tantangan bagi siswa Kelas IV, khususnya materi perkalian. Masalahnya sering kali disebabkan oleh cara penyampaian yang sulit dipahami, kurangnya daya tarik, dan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas integrasi Japanese Multiplication Method dan Game Online dengan Wordwall dalam meningkatkan pemahaman perkalian siswa Kelas IV Sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pretest dan posttest. Analisis data dilakukan melalui analisis kuantitatif deskriptif dengan menggunakan ketuntasan hasil belajar yang dapat dinilai berdasarkan skor yang diperoleh pada pretest dan postest. Hasil peneitian menunjukkan siswa yang belum mencapai pemahaman perkalian sebelum menerapkan metode japanese dan game online wordwall sebesar 61,06%. Hasil pemahaman siswa setelah menerapkan metode Japanese multiplication Method dan game online wordwall, terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 82,40%. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi metode pembelajaran yang interaktif dan berbasis teknologi dapat efektif dalam meningkatkan pemahaman perkalian pada siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRULYANSAH, AFIBNIDN21031322afibrulyansah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode japanese multiplication, Wordwall, Perkalian.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:08
Last Modified: 08 Jul 2025 03:08
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10969

Actions (login required)

View Item View Item