PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KURIKULUM MERDEKA KELAS IV DI UPT SDN 283 GRESIK

BAHIROH, FADIYATUL (2024) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KURIKULUM MERDEKA KELAS IV DI UPT SDN 283 GRESIK. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240025_ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38343.html

Abstract

Disiplin merupakan kemampuan untuk mengendalikan diri dan bertindak sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku. Guru Pendidikan Pancasila memiliki peran penting dalam mendisiplinkan peserta didik dengan menunjukkan disiplin dalam diri mereka sendiri. Melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dapat membentuk karakter disiplin pada peserta didik. Dalam hubungan ini dibutuhkan peran guru dalam meningkatkan karakter disiplin peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka Kelas IV Di UPT SDN 283 Gresik. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Instrument pengumpulan data menggunakan, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan Uji Kredibilitas, Uji Dependabilitas. Adapun Teknik Analisis Data dilakukan dengan cara : Data Reduction, Data Display, Verifikasi Data. Dalam penelitian tentang peran guru dalam meningkatkan karakter disiplin peserta didik di UPT SDN 283 Gresik, ditemukan bahwa guru berperan sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, dan teladan dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila, khususnya disiplin, melalui berbagai pendekatan seperti pembiasaan, evaluasi tugas, metode pembelajaran yang menyenangkan, dan diskusi kelompok. Guru juga berperan aktif dalam mengatasi pelanggaran dengan pendekatan memahami penyebabnya, serta memberikan contoh perilaku disiplin yang baik. Faktor pendukung utama dalam meningkatkan karakter disiplin adalah kesadaran diri siswa, sementara faktor penghambatnya meliputi kurangnya kesadaran tanggung jawab siswa dan kurangnya kolaborasi antara guru dan orangtua.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNAFIAH, NAFIAHNIDN1304845nefi_23@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Karakter Disiplin, Peran Guru, Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:36
Last Modified: 08 Jul 2025 07:36
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11018

Actions (login required)

View Item View Item