HARTINI, FEBRITA DUWI (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 1 KEDUNGKUMPUL. [Undergraduate Thesis]
![]() |
PDF
SR-SD-240026_ABSTRAK.pdf Download (42kB) |
Abstract
Penelitian tentang analisis kesulitan belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 1 Kedungkumpul, mempunyai fokus penelitian : kesulitan belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia dan faktor yang memengaruhi kesulitan belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 1 Kedungkumpul. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan berbagai kesulitan belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia serta berbagai faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dari informan. Sumber data yang diperoleh adalah peserta didik, guru wali kelas, dan orang tua peserta didik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan teknik triangulasi yakni triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian dalam penelitian ini diperoleh hasil : (1) kesulitan pada aspek menyimak adalah kesulitan mempertahan fokus pada saat pembelajaran. (2) Kesulitan pada aspek berbicara adalah peserta didik cenderung pasif ketika diminta untuk berbicara di depan guru atau teman sekelasnya. (3) Kesulitan pada aspek membaca peserta didik kesulitan dalam mengeja huruf menjadi suku kata dan kata, kesulitan dalam mengenali kata-kata sulit, dan juga kesulitan memahami bunyi kata. (4) Kesulitan pada aspek menulis peserta didik kesulitan dalam menulis huruf kapital, kesulitan dalam menulis tanda baca, tulisan tidak sempurna atau kurang rapi, dan juga lama dalam menulis. Selanjutnya, hasil yang diperoleh adalah dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal ini mencakup minat belajar, konsentrasi, dan motivasi peserta didik dalam proses belajar. Dan untuk faktor eksternal ini meliputi 2 lingkup yakni ada lingkup sekolah dan lingkup keluarga.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran bahasa Indonesia, kesulitan belajar, peserta didik | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Bagas | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:46 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 07:46 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11019 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |