NOVITASARI, NOVITASARI (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS QUESTION LEARNING (SQL) TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR IPA SISWA KELAS 4 DI SD UNGGULAN ZAINUDDIN. [Undergraduate Thesis]
![]() |
PDF
SR-SD-240031_ABSTRAK.pdf Download (22kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, hambatan, dan tingkat ketuntasan hasil belajar IPA SD dengan model pembelajaran student questions learning pada siswa kelas IV SD Unggulan Zainuddin. Berdasarkan pretest pada penelitian awal, ketuntasan hasil belajar siswa rendah. Hal ini dapat terlihat dari mayoritas siswa mendapatkan nilai 75. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari - Mei 2024, bertempat di SD Unggulan Zainuddin Ngeni Kecamatan Waru dengan subjek 17 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design yang mana hasil pembelajaran diukur sebelum dan sesudah perlakuan. Penelitian ini menggunakan dilakukan dengan beberapa tahap dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif terhadap data berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran dan lembar hasil kerja siswa. Berdasarkan observasi awal pada hasil pretest, terdapat 3 siswa tuntas dan 14 siswa tidak tuntas. Setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran student question learning jumlah siswa tuntas meningkat menjadi 14 siswa dengan persentase ketuntasan 82% dan 3 siswa tidak tuntas dengan persentase 17%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran student question learning dapat digunakan pada saat pembelajaran dan dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran IPA, Ketuntasan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Student Question Learning. Siswa SD | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Bagas | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 12:45 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 12:45 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11027 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |