NABILAH, MAZIDATUN (2024) STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn KELAS IV SD ISLAM AL-KHOIRIYYAH SURABAYA. [Undergraduate Thesis]
![]() |
PDF
SR-SD-240070_abstrak.pdf Download (12kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh metode pembelajaran Demonstrasi dan Role playing terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di SD Islam Al-Khoiriyyah Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Islam Al-Khoiriyyah Surabaya yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen I yang menggunakan metode demonstrasi dan kelompok eksperimen II yang menggunakan metode pembelajaran role playing. Data penelitian dikumpulkan melalui tes pengetahuan dan tes sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran demonstrasi sebesar 82,2, sementara rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode role playing sebesar 80,0. Metode pembelajaran demonstrasi lebih unggul dari metode role playing. Hasil uji t menunjukkan bahwa antara metode demonstrasi dan role playing sama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,00. Terdapat perbedaan yang signifikan antara metode demonstrasi dan role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PPKn siswa kelas IV di SD Islam Al-Khoiriyyah Surabaya dengan nilai signifikansi o,oo
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran Demonstrasi, Metode Pembelajaran Role playing, Hasil belajar, PPKn. | ||||||||
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Bagas | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:28 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:28 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11045 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |