KEEFEKTIFAN KEADAAN LINGKUNGAN SEKOLAH UNTUK MENIMBULKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN MEKIKIS KEDIRI

ARIANTI, DINI (2024) KEEFEKTIFAN KEADAAN LINGKUNGAN SEKOLAH UNTUK MENIMBULKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN MEKIKIS KEDIRI. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-250010_abstrak.pdf

Download (10kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-40765.html

Abstract

enelitian ini bertujuan menganalisis keefektifan lingkungan sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Mekikis, Kediri, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, menunjukkan bahwa lingkungan fisik sekolah seperti ventilasi, pencahayaan, dan kualitas ruang kelas umumnya mendukung pembelajaran, meski beberapa kelas perlu perbaikan untuk kenyamanan optimal. Interaksi sosial yang baik antara siswa dan guru serta metode pengajaran interaktif seperti video dan kegiatan kelompok meningkatkan keterlibatan siswa, meskipun kemandirian belajar masih perlu ditingkatkan. Efektivitas lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui kondisi fisik yang baik, interaksi sosial dan psikologis yang mendukung, serta evaluasi dan program peningkatan lingkungan sekolah. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya kondisi lingkungan sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSUNANTO, SUNANTONIDN0731128404alif30@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:27
Last Modified: 09 Jul 2025 06:27
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11066

Actions (login required)

View Item View Item