STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING OUTDOOR LEARNING DAN INDOOR LEARNING DI SEKOLAH DASAR

NASHIRIN, ROHMATUN (2024) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING OUTDOOR LEARNING DAN INDOOR LEARNING DI SEKOLAH DASAR. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240052_ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38828.html

Abstract

Kurangnya upaya guru untuk mengupdate dan memanfaatkan strategi pembelajaran kreatif dalam pemanfaatan lingkungan sekitar, yang menjadi faktor penyebab menurunnya minat dan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh metode penyampaian materi yang monoton dan konvensional di dalam kelas, sehingga siswa kurang interaktif dan kreatif dalam memahami konsep pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis adatidaknya perbedaan hasil bei lajar siswa kei tika mei nei rapkan model pembelajaran discovery learning dengan metode indoor lei arning dan outdoor learning di sei kolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan tipe nonequivalent control grup design. Sasaran penelitian di lakukan pada siswa kelas IV SDN Ngingas Waru, Sidoarjo tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil pretest dan postest menunjukkan bahwa pelaksanaan model discovery learning dengan metode outdoor learning dapat memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan metode indoor learning. Kesimpulan menunjukkan bahwa perbandingan dari 2 kelompok ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning ,Outdoor Learning, Indoor Learning, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:30
Last Modified: 09 Jul 2025 06:30
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11067

Actions (login required)

View Item View Item