PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA DI SDIT UTSMAN BIN AFFAN SURABAYA

NIMAH, UZLIFATUN (2024) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA DI SDIT UTSMAN BIN AFFAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240055_ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38871.html

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya kepercayaan diri dalam proses pembelajaran siswa SD, di mana rendahnya kepercayaan diri sering menjadi masalah yang menghambat perkembangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan karakter percaya diri siswa di SDIT Utsman Bin Affan serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam proses tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan dua guru kelas IV dan V di SDIT Utsman Bin Affan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menumbuhkan kepercayaan diri siswa mencakup berbagai aspek, seperti perencanaan penanaman karakter, memberikan kepercayaan kepada siswa, dukungan emosional dan lainnya. Faktor pendukung dalam pembentukan kepercayaan diri siswa meliputi motivasi dari guru, keterlibatan orang tua, dan dukungan sekolah melalui fasilitas dan program yang ada. Sedangkan faktor penghambat meliputi kepribadian anak yang unik dan ketidaksinkronan antara upaya guru di sekolah dan sikap orang tua di rumah.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRAHAYU, DEWI WIDIANANIDN1403954dewiwidiana@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri, siswa sekolah dasar, peran guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:10
Last Modified: 09 Jul 2025 07:10
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11071

Actions (login required)

View Item View Item