DEWI, SERLY FITRIA (2024) ANALISIS FAKTOR MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMP YP 17 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]
![]() |
PDF
SR-MJ-240110_ABSTRACT.pdf Download (357kB) |
Abstract
Minat adalah suatu rasa suka atau rasa ketertarikan pada suatu kegiatan yang ditunjukan dengan keinginan dan kecenderungan untuk memperhatikan kegiatan tersebut. Minat merupakan sumber motivasi seseorang sehingga minat itu besar pengaruhnya terhadap kegiatan yang dilakukan seseorang. Minat korelasi dengan belajar yakni suatu usaha untuk membangkitkan terhadap sesuatu yang menjadi kebutuhan untuk mencapai keberhasilan belajar. Lingkungan menjadi sumber belajar yang dapat membangun pengetahuan baru siswa melalui pengalaman empiris mereka, dan keluarga merupakan lingkungan pertama anak yang berisi orang-orang penting yang menjadi landasan bagi pola sikap dan perilaku diri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Faktor Motivasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP YP 17 Surabaya. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Faktor Motivasi terhadap minat belajar siswa SMP YP 17 Surabaya. Metode penelitian pada penelitian ini adalah kuantitatif. Sehubungan dengan penelitian ini, pendekatan yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif yang berjenis survey. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa variabel lingkungan (X1), Sekolah (X2), Keluarga (X3), Psikologi (X4), dan Fisiologi (X5) berpengaruh signifikan terhadap variabel Minat Belajar (Y) siswa SMP YP 17 Surabaya. Pengaruh yang ditimbulkan variabel lingkungan (X1), Sekolah (X2), Keluarga (X3), Psikologi (X4), dan Fisiologi (X5) terhadap variabel minat belajar (Y) memiliki arah yang positif. Hal tersebut dapat diketahui pada uji koefisien determinasi lingkungan, sekolah, keluarga, psikologi, dan fisiologi terhadap minat belajar diperoleh nilai R= 0,945 menunjukan bahwa terdapat hubungan antara ingkungan, sekolah, keluarga, psikologi, dan fisiologi dengan minat belajar yang positif. Sedangkan R Square sebesar 0,894 memberi pengertian bahwa minat belajar dipengaruhi ingkungan, sekolah, keluarga, psikologi, dan fisiologi sebesar 89,4% sedangkan sisanya (100% - 89,4% = 10,6%) merupakan kontribusi variabel lain.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan, Motivasi Belajar, dan Minat Belajar Siswa | ||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management | ||||||||
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Program Study of Management | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Aji | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:35 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 02:35 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11475 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |