MILADIYA, FEBY AYU (2024) HUBUNGAN TINGKAT HARGA DIRI DENGAN KEJADIAN BULLYING PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI SD KYAI IBRAHIM SURABAYA. [Undergraduate Thesis]
![]() |
PDF
SR-KP-240042_ABSTRACT.pdf Download (635kB) |
Abstract
Harga diri merupakan persepsi siswa terhadap nilai dan kemampuan diri sendiri yang sangat berpengaruh pada kesehatan mental dan kesejahteraan psikologis. Salah satu faktor yang mempengaruhi harga diri yaitu kejadian bullying yang dialami oleh korban bullying. Tujuan penelitian mengetahui hubungan tingkat harga diri dengan kejadian bullying pada siswa sekolah dasar. Desain penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dari siswa kelas VI di Sekolah Dasar Kyai Ibrahim Surabaya sebesar 110 siswa, dengan total sampel 86 responden yang menggunakan teknik probality sampling yaitu proportional stratified random sampling. Variabel independen adalah harga diri dan variabel dependen yaitu bullying. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan Uji Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir setengahnya sebanyak 39 responden (45,3%) harga diri dengan kategori tinggi dan hampir setengahnya sebanyak 38 responden (44,2%) mengalami kejadian bullying dengan kategori rendah. Hasil Analisa data ρ = 0,002 < α (0,05), yang menunjukkan bahwa H0 ditolak yang artinya ada hubungan antara variabel harga diri dengan kejadian bullying. Tingkat harga diri berhubungan dengan kejadian bullying. Perawat dapat berperan dalam mengidentifikasi masalah yang berisiko mengalami kesehatan mental, mengedukasi, memberikan bantuan pada korban kejadian bullying.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Harga Diri, Bullying, Siswa Sekolah Dasar | ||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||
Divisions: | Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Aji | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 06:30 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 06:30 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11552 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |