FAUZIYAH, NAILUL (2024) HUBUNGAN PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN INTERAKSI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR PADA REMAJA WANITA DI SURABAYA. [Undergraduate Thesis]
![]() |
PDF
SR-KP-240118_ABSTRACT.pdf Download (1MB) |
Abstract
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, smartphone telah menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di kalangan remaja. Namun, dampaknya terhadap aspek sosial dan akademik masih menjadi perdebatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan smartphone dengan interaksi sosial dan prestasi belajar pada remaja wanita di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain analitik korelasional. Populasi penelitian ini remaja wanita usia 13-21 tahun di kota Surabaya sebanyak 235.687. Sampel penelitian ini adalah 400 remaja wanita. Variabel penelitian ini adalah independent (penggunaan Smartphone) dan dependen (interaksi sosial dan prestasi belajar). Instrumen yang digunakan meliputi kuesioner penggunaan smartphone, interaksi sosial, dan prestasi belajar, serta analisis data dilakukan dengan uji korelasi Spearman Rho dengan tingkat signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini didapatkan sebagian besar responden (59.5%) memiliki intensitas penggunaann smartphone tinggi, sebagian besar responden (73%) memiliki interaksi sosial tinggi dan sebagian besar responden (56.3%) memiliki prestasi belajar sedang. Hasil uji Spearman rho terhadap Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Interaksi Sosial dari didapatkan nilai p = 0,000 dengan derajat signifikansi α < 0,05 dan Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Prestasi Belajar didapatkan nilai p = 0,000 dengan derajat signifikansi α < 0,05. Remaja yang menggunakan smartphone dengan intensitas tinggi cenderung memiliki pola interaksi sosial baik, mengingat remaja sering terhubung dengan berbagai platform sosial dan berlatih keterampilan komunikasi secara rutin. Meskipun demikian, prestasi belajar remaja berada dalam kategori sedang, yang menunjukkan bahwa meskipun keterampilan sosialnya berkembang, remaja mungkin menghadapi tantangan dalam mengelola waktu dan konsentrasi yang berdampak pada hasil akademisnya. Penting bagi remaja untuk mengatur waktu penggunaan smartphone dengan bijak, mengembangkan rutinitas belajar yang terstruktur, dan mencari keseimbangan antara aktivitas sosial dan akademik untuk meningkatkan hasil belajarnya.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Interaksi sosial, Prestasi Belajar, Remaja Wanita, Smartphone | ||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||
Divisions: | Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Aji | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2025 06:43 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2025 06:43 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11624 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |