HUBUNGAN KEHARMONISAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA-SISWI MTS YASPIRA NGAMBON BOJONEGORO

ASTREANI, NICKY (2024) HUBUNGAN KEHARMONISAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA-SISWI MTS YASPIRA NGAMBON BOJONEGORO. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-KP-240178_ABSTRACT.pdf

Download (513kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38991.html

Abstract

Sikap bullying bagian dari perilaku negatif yang sering terjadi selama masa remaja. Pada masa ini, remaja mengalami pertumbuhan emosional, sosial, fisik, dan psikologis. Perilaku bullying dapat terjadi tanpa disadari karena adanya beberapa faktor pemicu diantaranya faktor keluarga dan faktor lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan keharmonisan keluarga dan lingkungan sekolah dengan perilaku bullying pada siswa- siswi Madrasah Tsanawiyah Yaspira Ngambon Bojonegoro. Metode penelitian ini bersifat analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi sebesar 150 siswa, sampel 110 responden yang di ambil secara acak dengan purposive sampling. Variabel independen keharmonisan keluarga dan lingkungan sekolah dan variabel dependen yaitu perilaku bullying. Instrumen penelitian yaitu kuesioner Familiy Harmony Scale, Comprehensive School Climate Invetory dan Olweus Bully Victim Questionnaire. Analisa data Uji Rank Spearman ɑ (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir setengahnya sebanyak 58 responden (52,7%) keharmonisan keluarga memiliki kategori sedang, sebanyak 64 responden (58,2%) memiliki lingkungan sekolah buruk dan sebanyak 53 responden (48,2%) dengan kategori perilaku bullying rendah. Hasil uji Rank Spearman didapatkan nilai ρ= 0, 000 < ɑ= 0,05 dan ρ= 0, 001 < ɑ=0,05, menunjukkan adanya hubungan antara keharmonisan keluarga dan lingkungan sekolah dengan perilaku bullying pada siswa- siswi Madrasah Tsanawiyah Yaspira Ngambon Bojonegoro. Keharmonisan keluarga dan lingkungan sekolah berhubungan dengan perilaku bullying. Sehingga diharapkan siswa- siswi dapat menjalin hubungan pertemanan dengan saling menghargai akan perbedaan yang ada dan perawat sebagai edukator mampu memberikan edukasi mengenai perilaku bullying.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurjanah, SitiNIDN0715057605nungj@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: keharmonisan keluarga, lingkungan sekolah, perilaku bullying, remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 23 Jul 2025 06:55
Last Modified: 23 Jul 2025 06:55
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11694

Actions (login required)

View Item View Item