HUBUNGAN PELAYANAN SISTEM RUJUKAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA (FKTP) KECAMATAN PACIRAN, KABUPATEN LAMONGAN

SYANI, AHMAD ASHLIH (2024) HUBUNGAN PELAYANAN SISTEM RUJUKAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA (FKTP) KECAMATAN PACIRAN, KABUPATEN LAMONGAN. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-KP-250070_ABSTRACT.pdf

Download (767kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-40644.html

Abstract

Salah satu indikator mutu pelayanan adalah kepuasan pasien, dan salah satu faktor yang mempengaruhi kepusan pasien adalah pelayanan sistem rujukan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pelayanan sistem rujukan dengan tingkat kepuasan pasien di FKTP kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 98 responden dipilih melalui simple random sampling. Penelitian ini dilakukan di salah satu fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) Paciran pada 27 Oktober – 27 November 2024. Pengumupulan data dilakukan melalui kuesioner, pada pelayanan sistem rujukan diukur menggunakan model RATER, sedangkan tingkat kepuasan pasien menggunakan kuesioner kepuasan. Analisis data menggunakan uji rank spearmen dengan tingkat signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 98 responden sebanyak 68 responden (69,4%) menilai pelayanan rujukan baik dan sebanyak 69 responden (70,4%) merasa puas. Hasil uji statistic Rank-Spearman didapat ρ = 0.001 yang artinya ada hubungan pelayanan sistem rujukan dengan tingkat kepuasan pasien di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) kecamatan Paciran, kabupaten Lamongan. Dari uji tersebut juga diperoleh angka koefisien korelasi bernilai positif yaitu 0,776 yang artinya antara variabel X dengan variabel Y memiliki hubungan yang sangat kuat dan bersifat searah (jenis hubungan searah). Pelayanan sistem rujukan di Puskesmas Paciran sudah dilakukan dengan baik dan mendapatkan penilaian yang memuaskan bagi responden. Dengan begitu, Puskesmas Paciran perlu memonitoring pelayanan dan lebih tanggap terhadap masalah kesehatan pasien guna memastikan tingkat kepuasan pasien tetap terjaga.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetiawan, Arif HelmiNIDN0703037402arif@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: sistem rujukan, kepuasan pasien, pelayanan kesehatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 24 Jul 2025 06:16
Last Modified: 24 Jul 2025 06:16
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11742

Actions (login required)

View Item View Item