NINGSIH, AYU PANCARIA
(2016)
PENERAPAN BIMBINGAN IMAJINASI REKAMAN AUDIO PADA ANAK DENGAN MASALAH KEPERAWATAN CEMAS PADA PASIEN DENGUE HEMORHAGIC FEVER (DHF) DI RUANG HIJIR ISMAIL RS ISLAM SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Stres hospitalisasi pada anak dapat menyebabkan kecemasan karena adanya tindakan invasif, bertemu orang asing, perpisahan dengan teman sebaya dan suasana di rumah sakit. Bimbingan imajinasi rekaman audio merupakan salah satu tindakan mandiri perawat dalam mengatasi cemas dan belum pernah dilakukan diruangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan imajinasi rekaman audio terhadap cemas pada anak.
Metode penelitian menggunakan studi kasus untuk memahami individu yang dilakukan secara integrasi dan komperhensif dengan menerapkan bimbingan imajinasi rekaman audio pada anak usia pra sekolah dengan masalah cemas di ruang Hijir Ismail RS Islam Surabaya. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, pemeriksaan fisik dan data penunjang.
Berdasarkan hasil penelitian setelah dilakukan asuhan keperawatan secara holistik yang di dalamnya terdapat 4 indikator keberhasilan, didapatkan hasil bahwa intervensi bimbingan imajinasi rekaman audio dapat menurunkan cemas pada hari kedua pertemuan kedua sampai akhir penerapan. Total nilai skore kecemasan (HRS-A) yaitu skore 19 (kecemasan ringan), pasien menunjukkan ekspresi wajah dan bahasa tubuh yang menunjukkan berkurangnya kecemasan, pasien sudah mampu mengontrol cemasnya dan tanda-tanda vital normal.
Bimbingan imajinasi rekaman audio dapat menurunkan tingkat kecemasan pada anak akibat hospitalisasi. Bimbingan imajinasi rekaman audio dapat dijadikan intervensi mandiri bagi perawat sebagai tindakan nonfarmakologis pada masalah keperawatan cemas sehingga anak berada pada rentang respon kecemasan yang adaptif.
Actions (login required)
|
View Item |