SWARI, DEWI RATNA (2014) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 3-5 TAHUN DI PAUD HARAPAN BUNDA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]
|
PDF
KT-BD-150018_abstract.pdf Download (20kB) | Preview |
Abstract
Mengasuh anak merupakan tugas orang tua, sebab pendidikan pertama anak berasal dari orangtua. Namun masih banyak kesalahan pola asuh yang terjadi di masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial emosional anak usia 3-5 tahun di PAUD Harapan Bunda Surabaya. Desain penelitian analitik korelasional berjenis cross sectional. Populasinya semua ayah atau ibu kandung atau wali murid yang anaknya bersekolah di PAUD Harapan Bunda Surabaya berusia 3-5 tahun sebesar 50 orang. Besar sampel 44 resonden diambil dengan teknik simple random sampling. Variabel Independennya pola asuh orang tua, variabel dependennya perkembangan sosial emosional anak. Instrumennya kuesioner diolah menggunakan Chi Square α= 0,05. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar (52.3%) responden menerapkan pola asuh buruk dan sebagian besar (56.8 %) perkembangan sosial emosional anak mengalami penyimpangan. Hasil uji statistik Chi Square diperoleh nilai (0.007) < α (0.05). Berarti ada Hubungan Pola asuh Orang Tua dengan perkembnagan Sosial Emosional anak usia 3-5 tahun. Simpulannya bahwa orangtua yang memberikan pola asuh baik, maka semakin baik perkembangan sosial emosional anak. Diharapkan orangtua dapat menerapkan pola asuh yang baik dan lebih mengenalkan dan mengajarkan bagaimana bersikap baik di masyarakat.
Item Type: | Undergraduate Thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola asuh, perkembangan sosial emosional |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Diploma III Midwifery |
Depositing User: | Mrs. . Aidah |
Date Deposited: | 11 Feb 2017 07:34 |
Last Modified: | 03 Mar 2018 17:11 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/1483 |
Actions (login required)
View Item |