GAMBARAN KONSEP DIRI PADA ANAK PANTI ASUHAN AL-HASAN KARAH SURABAYA

FADHILAH, FATIMAH FATUL (2017) GAMBARAN KONSEP DIRI PADA ANAK PANTI ASUHAN AL-HASAN KARAH SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-KP-170095_abstract.pdf

Download (58kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-16907.html

Abstract

Terdapat anak panti yang kurang percaya diri saat bertemu dengan orang lain, tampak terlihat malu, sering terlihat cemas, dan tampak bingung saat berkumpul dengan teman-temannya. Sehingga jika anak memiliki konsep diri negatif akan berdampak pada masa perkembangannya yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Konsep Diri Pada Anak Panti Asuhan Al-Hasan Karah Surabaya. Desain Deskriptif, dengan populasi seluruh anak Panti Asuhan Al-Hasan Karah Surabaya yang berusia 7-18 tahun. Besar sampel 30 orang yang diambil dengan teknik Total Sampling. Instrument pengumpulan data adalah lembar kuesioner. Data dianalisis secara Deskriptif dengan menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian pada 30 responden setelah diberikan kuesioner didapatkan hampir seluruhnya 24 anak (80%) memiliki konsep diri positif dan hampir setengah 6 anak (20%) memiliki konsep diri yang negatif dalam menentukan konsep dirinya. Simpulan dari penelitian ini adalah Anak di Panti Asuhan Al-Hasan Karah Surabaya, sebagian besar memiliki konsep diri positif. Individu yang masih mempunyai konsep diri negatif hendaknya merubah dengan konsep diri yang positif, karena dengan menggunakan konsep diri negatif tidak baik bagi kesehatan fisik maupun psikologis.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhamida, .0728067901khamida@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Anak Panti Asuhan
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 16 Mar 2018 12:38
Last Modified: 02 Feb 2022 04:52
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/1810

Actions (login required)

View Item View Item