RAHMA, DWI LESTARI
(2017)
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK PRASEKOLAH DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN MAGERSARI SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Pola asuh merupakan interaksi yang diterapkan orang tua kepada anak, diantaranya Permisif, Otoriter, Demokratis dan Situasional (Campuran). Bila pola asuh yang diterapkan tidak tepat kepada anak maka akan menyebabkan anak kurang percaya diri. Tujuan penelitian mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri anak prasekolah di TK Dharma Wanita Persatuan Magersari Sidoarjo.
Desain penelitian analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi seluruh orang tua beserta anak sebesar 31 orang. Sampel sebagian orang tua dan anak yaitu sebesar 29 orang. Variabel independen pola asuh orang tua dan variabel dependen kepercayaan diri anak prasekolah. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan check list. Data dianalisis dengan uji statistik Rank Spearman dengan tingkat kemaknaan α=0,05.
Hasil penelitian dari 29 orang menunjukkan bahwa pola asuh yang digunakan dominan pada pola asuh demokratis dengan hasil hampir setengahnya 44,8%. Kepercayaan diri anak dengan hasil sebagian besar 65,5% dalam kategori percaya diri. Hasil analisis dan uji statistik didapatkan ρ=0,303 karena ρ > α maka H0 diterima artinya tidak ada hubungan pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri anak prasekolah.
Disimpulkan bahwa kepercayaan diri anak tidak dipengaruhi oleh pola asuh yang diberikan orang tua. Saran bagi orang tua harus tahu dan mencari informasi tentang pola asuh orang tua sehingga dapat memantau kepercayaan diri anak.
Actions (login required)
|
View Item |