AGUSTINA, FATMALA
  
(2018)
EVALUASI KEPUASAN LAYANAN WEBSITE BOOKING ONLINE TNBTS MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0.
    [Undergraduate Thesis]
  
  
  
  
  
    
  
    
      
      
    
  
  
    
  
  
    Abstract
    Taman  Nasional  Bromo  Tengger  Semeru  (TNBTS)  mengeluarkan  kebijakan kepada calon pendaki agar melakukan pemesanan secara online melalui sistem informasi pendaftaran  tahun 2017. Namun, kebijakan tersebut belum dilakukan secara efektif, karena pendaftaran secara manual masih dibuka. Hal ini mengakibatkan masih banyak pendaki yang memilih mendaftar dengan cara manual. Sejak bulan Oktober 2017 sistem booking online diberlakukan secara wajib   di   TNBTS.   Sistem   booking   online   tersebut   perlu   dievaluasi   guna mengetahui kepuasan pengguna (pendaki). Peneliti mengevaluasi kepuasan pendaki dengan metode  Webqual 4.0.  Webqual  terdiri  4 variabel antara lain usability, informaion quality, service interaction, dan user statisfaction. Usability (kegunaan) memiliki 8 indikator, informaion quality (kualitas informasi) memiliki
9  indikator  dan  service  interaction(interaksi  layanan)memiliki  5  indikator. Masing-masing variabel dideskripsikan berdasarkan masing-masng indikator. Nilai  variabel  diperoleh  dari  nilai  rata-rata  indikator  yang  dimiliki.  Nilai variabel tersebut kemudian diujiterkait hubungannya pada variabel user statifaction. Hasil uji hubungan menggunakan korelasi rank sprearman varialbel usability  dengan  user  statifaction  mempunyai  nilai  korelasi  sebesar  0,319, variabel information quality dengan user statifaction memiliki nilai korelasi sebesar   0,106   dan   variabel   service   interaction   dengan   user   sattifaction mempunyai hasil sebesar 0,218. Diantara ketiga uji tersebut hanya dua variabel yang memiliki korelasi yang signifikan, yakni usability(kegunaan) dan service interaction (interaksi layanan). Berdasarkan hasil tersebut kepuasan pengguna sistem booking online dipengaruhi oleh variabel usability dan indikator yang paling besar yaitu situs mudah dipelajari dengan nilai indikator sebesar 46,20%, dan variabel service interaction dengan indikator mudah berkomunikasi sejumlah
45,40 %.
  
  
  
  
  
    Actions (login required)
    
    
      
          | 
        View Item |