RHOMAYANTI, HUSNUL KHOTIMAH RISKHA
(2018)
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TEMATIK SESUAI KURIKULUM 2013 BAGI GURU SD RR SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kurikulum 2013 merupakan suatu kurikulum yang dibuat guna menyempurnakan kurikulum yang selama ini telah digunakan oleh seluruh sekolah di Indonesia. Sesuai dengan fokus penelitiannya, peneliti berupaya mencari problematika pembelajaran tematik sesuai kurikulum 2013 bagi guru SD RR Surabaya serta upaya apa yang dapat guru lakukan dalam mengatasi problematika pembelajaran tematik sesuai kurikulum 2013.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang gunakan ialah uji kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas dengan teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil observasi yang diperoleh peneliti, menunjukkan data bahwa 4 dari 15 guru telah menerapkan pembelajaran tematik sesuai kurikulum
2013 sejak tahun 2015 dan mengalami beberapa problematika. Problematika yang dialami oleh 4 guru meliputi problematika dalam persiapan pembelajaran terkait dengan silabus dan RPP, proses pembelajaran serta mengalami kesulitan dalam menggunakan penilian yang sesuai dengan pedoman Kurikulum 2013. Sehingga dari problematika tersebut, peneliti mendapatkan informasi beberapa upaya yang dapat dilakukan guru guna mengatasi problematika tersebut dengan mengenal Kurikulum 2013 sebelum Kurikulum tersebut digunakan, ikut serta dalam pelatihan dan workshop Kurikulum 2013, menyiapkan fasilitas sekolah, turut serta dalam Kelompok Kerja Guru serta melakukan pertemuan antar sekolah.
Actions (login required)
|
View Item |