SUNANI, SUNANI
(2018)
PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DI PPT PERMATA BUNDA MANDIRI SUKOMANUNGGAL SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Metode bercerita merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anak, karena rasa percaya diri mempunyai peranan yang sangat penting ditanamkan kepada anak sejak usia dini. Permasalahan yang ada di PPT Permata Bunda Mandiri adalah kurangnya peningkatan rasa percaya diri anak. Solusinya dengan menerapkan metode bercerita dengan buku cerita bergambar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan rasa percaya diri anak setelah dilaksanakan metode bercerita dengan buku bergambar.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian anak usia 3-4 Tahun, sebanyak 20 anak. Lokasi penelitian PPT Permata Bunda Mandiri jalan Simo Kalangan I No. 6B Sukomanunggal Surabaya. Dengan menggunakan instrument penelitian berupa lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pra siklus menunjukan 20% peningkatan rasa percaya diri anak. Setelah dilaksanakan tindakan di siklus I terjadi peningkatan rasa percaya diri anak sebesar 55%. Siklus II meningkat sebesar 85% , hal ini sudah menunjukan kriteria keberhasilan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah, bahwa metode bercerita dengan buku cerita bergambar dapat meningkatkan rasa percaya diri anak di PPT Permata Bunda Mandiri Sukomanunggal Surabaya. Disarankan kepada para pengajar untuk menggunakan metode bercerita dengan buku cerita bergambar sebagai alternatif pengajaran yang kreatif dan efektif.
Actions (login required)
|
View Item |