DAMAYANTI, EMMY
(2018)
MENINGKATKAN KEMANDIRIAN MENGGUNAKAN KAOS KAKI MELALUI PEMBIASAAN PADA ANAK USIA 2-3 TAHUN DI PPT ANGGREK SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Rendahnya kemandirian dapat mengakibatkan kendala bagi anak untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. karena itu, sangat penting untuk anak ditanamkan kemandirian pada usia dini. Tujuan peneliti adalah untuk meningkatkan kemandirian menggunakan kaos kaki melalui pembiasaan pada anak usia 2-3 tahun di PPT ANGGREK Surabaya agar anak dapat memiliki kemandirian sejak dini.
Metode pembiasaan merupakan suatu proses yang berulang-ulang yang digunakan dalam pembentukan sikap dan perilaku yang relatif menetap serta bersifat otomatis. Tujuan dari metode ini adalah metode yang digunakan untuk memperoleh ketangkasan atau ketrampilan dari apa yang dipelajari oleh peserta didik dengan memberikan pelatihan secara berulang-ulang.
Setelah dilakukannya penelitian ini, berdasarkan pengamatan peneliti yang juga guru pada kelompok tersebut, terdapat sebagian besar 15 peserta didik (75%) anak dapat memakai kaos kaki sampai tuntas dan pada posisi yang benar atau bisa dikatakan Berkembang Sangat Baik (BSB) serta sebagian kecil 5 peserta didik (25%) anak memakai kaos kaki belum sesuai pada posisinya atau bisa dikatakan Berkembang Sesuai Harapan (BSH).
Disarankan agar guru lebih kreatif dalam menggunakan metode-metode yang dapat meningkatkan kemandirian peserta didik. Sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar dengan merangsang kekreatifan peserta didik dalam kemandirian. Penerapan metode pembiasaan dalam pembelajaran ini, dapat dikatakan telah mampu meningkatkan kemandirian peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |