KHASANAH, NUR
(2018)
MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT RINDANG JL. HR MUHAMMAD 167 SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Keterampilan sosial pada Anak Usia 3-4 Tahun di PPT Rindang Jl. HR
Muhammad 167 Surabaya masih rendah. Keterlambatan perkembangan sosial dapat mengakibatkan anak cenderung bersifat minder, egois, kurang tegang rasa dan akhirnya berperilaku menyimpang, hal tersebut dapat mempengaruhi keterampilan sosial anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial melalui metode bermain peran pada anak usia 3-4 tahun di PPT Rindang Jl. HR Muhammad 167 Surabaya.
Desain Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subjek penelitian ini yaitu anak usia 3-4 tahun di PPT Rindang. Variabel bebas atau independen, yakni metode bermain peran dan variable terikat atau dependen, yaitu keterampilan sosial. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah berupa skala likert dalam bentuk checklist. Data dianalisi menggunakan teknik kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keterampilan sosial sebelum penerapan metode bermain peran (prasiklus) 54,25% dan nilai rata-rata keterampilan sosial sesudah penerapan metode bermain peran (siklus II) 86,25%, sehingga memperoleh peningkaan keterampilan sosial melalui metode bermain peran sebanyak 32%.
Simpulan dari penelitian ini adalah ada peningkaan keterampilan sosial melalui metode bermain peran pada anak usia 3-4 tahun di PPT Rindang Jl. HR Muhammad 167 Surabaya. Hasil penelitian ini diharapkan melalui metode
bermain peran dapat meningkatkan keterampilan social anak usia dini.
Actions (login required)
|
View Item |