PRIHATINI, LULUS
(2018)
MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI BERMAIN PLAYDOUGH PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT PELANGI KELURAHAN PAKAL SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Permainan Playdough merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak, karena kegiatan bermain playdough melibatkan koordinasi tangan dengan mata dan juga melibatkan otot-otot halus di tangan dan jari jemari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun melalui kegiatan bermain playdough di PPT Pelangi Surabaya. Penelitian ini menggunakana metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tehnik analisis data menggunakan analisis data dengan statistik deskriptif yaitu analisis refleksi berdasar siklus.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan motorik halus anak yang dicapai anak didik usia 3-4 tahun di PPT Pelangi Surabaya mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Berdasarkan hasil hasil observasi kemampuan motorik halus anak pada siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan secara signifikan yaitu siklus 1 sebesar 47,5%, pada siklus 2 meningkat menjadi 85%.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan proses pembelajaran pada siklus melalui kegiatan bermain playdough dinyatakan berhasil karena kemampuan motorik halus sudah sesuai harapan dan sudah memenuhi kriteria keberhasilan secara umum.
Actions (login required)
|
View Item |