UPAYA MENINGKATKAN BAHASA ANAK MELALUI BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MELATI CERIA

SUPARMI, SUPARMI (2018) UPAYA MENINGKATKAN BAHASA ANAK MELALUI BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MELATI CERIA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-180023_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20585.html

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran di AUD pengembangan dan pembentukan perilaku anak dilakukan melalui kegiatan bermain dan pembiasaan. Pada usia 3-4 tahun anak sudah bisa memilih sebuah judul cerita yang akan di ceriterakan oleh guru, dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, anak berani maju kedepan saat ditawarkan oleh guru. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di PPT Melati Ceria, selama ini metode yang di gunakan dalam mengembangan bahasa anak yaitu dengan bernyanyi, bermain, menari, belum secara maksimal dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak. Kegiatan bercerita dapat menjadi cara bagi orang tua dan guru untuk memberikan contoh atau model kepada anak melalui cerita yang dibacakan untuk anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada anak usia 3-4 tahun, pada bidang pengembangan aspek bahasa di PPT Melati Ceria di Simo Gunung Kramat Barat Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakkan kelas, yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu: Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak di PPT Melati Ceria yang berjumlah 20 anak, terdiri atas 9 anak laki laki dan 11 aank perempuan. Teknik pengumpulan data, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul di teliti menggunakan statistik Deskriptif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak sebesar 58,75%, hasil penelitian ini belum sesuai dengan kreteria pencapaian tingkat perkembangan anak. Untuk itu penelitian ini di lanjutkan pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II perkembangan bahasa anak meningkat menjadi 84,37%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa Upaya meningkatkan bahasa anak melalui bercerita dapat meningkatkan perkembangan bahasa pada anak usia 3-4 tahun di PPT Melati Ceria.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSoleha, UmdatusNIDN0701087604umdatus@unusa.ac.id
Thesis advisorNafiah, NafiahNIDN0723128403nefi_23@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Upaya Bercerita, perkembangan bahasa anak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 18 Mar 2019 04:35
Last Modified: 10 Apr 2023 04:29
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3777

Actions (login required)

View Item View Item