PURNAYANTI, YUNI EKO
(2018)
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD PADA ANAK USIA 2-3 TAHUN DI PPT PELANGI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kemampuan yang berkembang dalam perkembangan intelegensi atau kecerdasan adalah suatu kemampuan matematis. Kemampuan matematis menuju kearah berbicara, menulis, membaca dan mendengarkan. Artinya apabila kemampuan matematis anak dalam hal ini kemampuan berhitung permulaan berkembang dengan baik, maka akan mampu mengembangkan proses berpikir, menalar dan berekplorasi dengan lingkungan. Namun kemampuan berhitung permulaan di PPT Pelangi Surabaya masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berhitung permulaan menggunakan media flashcard pada anak usia 2-3 tahun di PPT Pelangi.
Desain Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Subyek penelitian ini anak usia 2-3 tahun di PPT Pelangi. Variabel bebas atau independen yaitu Media flashcard dan variabel terikat atau dependen adalah kemampuan berhitung permulaan. Peneliti menggunakan instrumen skala likert dalam bentuk checklist.
Hasil penelitian menunjukan prosentase kemampuan berhitung permulaan sebelum menggunakan media flashcard adalah 30%, dan setelah menggunakan media flashcard pada siklus II prosentasenya 80%. Sehingga memperoleh peningkatan 50%.
Simpulan dari penelitian ini yaitu ada peningkatan kemampuan berhitung permulaan menggunakan media flashcard pada anak usia 2-3 tahun di PPT Pelangi Surabaya. Dan diharapkan dengan hasil penelitian ini media flashcard dapat digunakan sekolah.
Actions (login required)
|
View Item |