UTAMI, SRI HARTINI
(2018)
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI AKTIVITAS BERMAIN BALOK DI PAUD USIA 3-4 TAHUN DI PPT CAHAYA BUNDA KELURAHAN TAMBAK REJO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kemampuan kognitif merupakan suatu proses pembentukan struktur berpikir, salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif adalah bermain balok karena dengan bermain balok dapat melatih anak untuk mengembangkan logikanya, namun anak di PPT Cahaya Bunda Kelurahan Tambak Rejo Surabaya memiliki kemampuan kognitif rendah. Keterlambatan perkembangan kognitif dapat berdampak pada sosialisasi dan intelektual anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif anak melalui aktivitas bermain balok pada usia 3-4 tahun di PPT Cahaya Bunda.
Desain Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu usia 3-4 tahun di PPT Cahaya Bunda. Variabel bebas yaitu bermain balok dan variable terikat yaitu kemampuan kognitif. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah berupa skala likert dalam bentuk checklist. Data dianalisis menggunakan teknik kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan kognitif sebelum penerapan aktivitas bermain balok (prasiklus) 39,58% dan nilai rata-rata kemampuan kognitif sesudah penerapan aktivitas bermain balok (siklus II)
83,33%, sehingga memperoleh peningkaan kemampuan kognitif melalui aktivitas bermain balok sebanyak 43,75%.
Simpulan dari penelitian ini adalah ada peningkaan kemampuan kognitif melalui aktivitas bermain balok di PAUD usia 3-4 tahun di PPT Cahaya Bunda Kelurahan Tambak Rejo Surabaya. Metode aktivitas bermain balok dapat diterapkan pada pembelajaran di PAUD.
Actions (login required)
|
View Item |