UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL ANAK MELALUI MEDIA KARTU GEOMETRI USIA 3-4 TAHUN DI PPT DAHLIA WIYUNG SURABAYA

PURWANTI, RUSDIN (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL ANAK MELALUI MEDIA KARTU GEOMETRI USIA 3-4 TAHUN DI PPT DAHLIA WIYUNG SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-180034_abstract.pdf

Download (757kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20812.html

Abstract

Dunia anak adalah bermain. Kegiatan bermain menjadikan anak belajar berbagai hal. Bermain merupakan bagian yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak untuk menjadi manusia seutuhnya. Kegiatan bermain memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan semua aspek perkembangan termasuk didalamnya perkembangan visual spasial. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti adalah untuk mengetahui apakah melalui bermain kubus berlubang dengan kartu geometri. Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui apakah melalui bermain kubus berlubang dengan kartu geometri di PPT Dahlia dapat meningkatkan kemampuan visual spasial anak dalam mengenal bentuk geometri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari, yaitu : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak PPT Dahlia Wiyung Surabaya kelompok usia 3 – 4 tahun sebanyak 12 anak, yang terdiri dari 5 anak perempuan 7 anak laki – laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian siklus I dan siklus II, mendapatkan peningkatan skor rata – rata kemampuan visual spasial anak dalam mengenal bentuk geometri dilihat dari presentasi pada setiap instrumen penilaian dari tiap siklus yang dilaksanakan. Siklus I mendapatkan skor 42%, sedangkan siklus II meningkat menjadi 83%. Peningkatan presentase pada siklus I ke siklus II dikarenakan guru menyampaikan materi dengan suara keras, jelas dan benar, menjaga situasi kelas yang selalu kondusif, menyenangkan bagi anak, memberikan pujian untuk anak, berusaha mengkondisikan anak tenang dalam lingkaran. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran melalui bermain menggunakan kubus berlubang dengan kartu geometri dapat meningkatkan kemampuan visual spasial anak dalam mengenal bentuk geometri. Dalam proses pembelajaran guru memerlukan APE. Dengan APE kubus berlubang dengan kartu geometri, anak akan lebih mudah memahami materi yang sedang disampaikan terutama mengenalkan bentuk geometri.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPurwanti, NunikNIDN0711117602noniek@unusa.ac.id
Thesis advisorMachmudah, MachmudahNIDN0712037401machmudah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: kemampuan visual spasial, mengenal bentuk geometri, kubus berlubang dengan kartu geometri.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 19 Mar 2019 03:22
Last Modified: 10 Apr 2023 04:45
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3788

Actions (login required)

View Item View Item