JAYANTI, RINDA DWI
(2018)
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah tidak semua guru memiliki kompetensi yang baik dalam mengajar terutama kompetensi pedagogik. Untuk dapat mencapai prestasi siswa yang baik pula seharusnya seorang guru memiliki kompetens-kompetensi yang baik pula. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah kompetensi pedagogik berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, bagaimana kopetensi pedagogik berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar di Sekolah Dasar Negeri Gayungan 1 Surabaya dan Sekolah Dasar Negeri Gayungan
2/423 Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 19 guru dengan menggunakan teknik korelasi pearson product moment.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner (angket) dan pengambilan Nilai Ujian Nasional Siswa pada tahun 2016/2017. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi yang terdiri dari satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Berdasarkan analisis data terdapat pengaruh yang signifikansi 1.000 antara kompetensi pedagogik terhadap prestasi siswa di Sekolah Dasar Negeri Gayungan 1 Surabaya dan Sekolah Dasar Negeri Gayungan 2/423 Surabaya.
Actions (login required)
|
View Item |