PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI ANGGASWANGI II SUKODONO SIDOARJO

CHALIM, FITHROTIN FAUZIYAH (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI ANGGASWANGI II SUKODONO SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-180016_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-19451.html

Abstract

Hasil belajar merupakan pencapaian yang didapatkan siswa setelah melakukan beberapa proses pembelajaran sebagai tolok ukur keberhasilan siswa dalam pemahaman materi. Untuk menentukan hasil belajar siswa diperlukan Kriteria Ketuntasan Minimal yang disebut KKM. Dalam penelitian ini KKM yang digunakan yaitu 80. Model Pembelajaran Project Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan suatu proyek dalam proses pembelajaran sehingga memberi peluang siswa bekerja secara aktif untuk mengkonstruk pengetahuan mereka sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Negeri Anggaswangi II Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Anggaswangi II Sukodono Kabupaten Sidoarjo sebanyak 70 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Anova. Dari hasil uji Anova diperoleh signifikan sebesar 0,766 yang artinya lebih besar dibandingkan dengan hipotesiss yang diajukan yaitu 0,3338. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Negeri Anggaswangi II Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Saran dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learning dapat diterapkan pada proses pembelajaran sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamariyah, NurulNIDN0728017002nurulkamariyah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 20 Mar 2019 04:43
Last Modified: 08 Dec 2021 07:18
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3841

Actions (login required)

View Item View Item