SUSANTO, MIA ANGGRAINY
(2018)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR KUPU-KUPU PENOLONG TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II DI SDI PANCASILA PONOKAWAN KRIAN.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Permasalahan dari penelitian ini yaitu banyak siswa yang kurang antusias dengan pelajaran matematika karena kurangnya kreatifitas guru dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi. Oleh karena itu peneliti menggunakan Media Gambar “Kupu-Kupu Penolong” bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika.
Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain One-shot Case Study. Variabel bebas dalam penelitian ini Media Gambar “Kupu-Kupu Penolong” sedangkan variabel terikat yaitu motivasi belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDI Pancasila Ponokawan Krian sebanyak 60 siswa, dengan dibagi dua kelompok yaitu Kelompok Eksperimen dan Kelompok Kontrol. Penelitian ini menggunakan Uji-t Test Independent diperoleh hasil signifikan yaitu 0,000 < 0,05. Signifikan kurang dari 0,05, jadi terdapat pengaruh penggunaan Media Gambar “Kupu-Kupu Penolong” terhadap motivasi belajar siswa.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Media Gambar “Kupu-Kupu Penolong” dapat digunakan untuk proses pembelajaran khususnya pada materi perkalian pelajaran Matematika sehingga membangkitkan motivasi belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |