ERAWATI, LANNY
(2018)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KERETA GEOMETRI TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT. TEGAR SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media “Kereta Geometri “ terhadap perkembangan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 3-4 tahun di PPT.Tegar Dinoyo Tangsi I Balai RW 02 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Randomized Control Group Pretest-Posttest.. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 anak yang berada dikelas C. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Analisis data menggunakan uji homogenitas dan didapatkan hasil signifikasi 0,792 yang berarti lebih besar dari 0,05 artinya pembagian siswa pada kelompok kontrol dan siswa pada kelompok ekspriment adalah sama. Pada hasil uji normalitas didapatkan hasil 0,106 sehingga signifikansinya diatas 0,05. Hal ini berarti distribusi data dinyatakan memenuhi asumsi normalitas.
Uji T Paired dengan ketentuan jika nilai signifikasi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji T Paired dari data pre-test dan post-test menunjukkan nilai sig 0,000 lebih kecil dari nilai alpha 0,05. Maka, terdapat perbedaan antara kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak saat pretest dengan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak saat posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media“Kereta Geometri”untuk pembelajaran dalam mengenalkan bentuk pada anak usia 3-4 tahun di PPT.Tegar berpengaruh pada perkembangan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak.
Actions (login required)
|
View Item |