MURJATI, MURJATI
(2018)
PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELOMPOK USIA 3 - 4 TAHUN DI PPT MATAHARI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Dalam kegiatan pembelajaran di PAUD, pengembangan dan pembentukan perilaku anak dilakukan melalui kegiatan bermain dan pembiasaan, pada usia 3 –
4 tahun anak sudah biasa memilih sebuah judul cerita yang akan diceritakan oleh guru, dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, anak berani maju ke depan saat ditawarkanoleh guru. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di PPT Matahari, selama ini metode yang digunakan dalam mengembangkan bahasa anak belumsecara maksimal dapat meningkatkan bahasa anak. Kegiatan bercerita dapat menjadi cara bagi orang tua dan guru untuk memberikan contoh atau model kepada anak melalui cerita yang dibacakan untuk anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak di PPT Matahari, di Jl. Ngaglik buntu 87 Surabaya.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas, alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 anak yang di observasi yang sebagian besar anak kurang atau sama sekali belum
terlihat perkembangan bahasanya. Tehnik pengumpulan data, observasi dan dokumentasi data yang terkumpul diteliti menggunakan statistik deskriptif. Hasil
penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak sebesar
65,62%, hasil penelitian ini belum sesuai dengan kriteria pencapaian tingkat perkembangan anak. Untuk itu penelitian ini dilanjutkan pada siklus II, Hasil penelitian pada siklus II perkembangan bahasa anak meningkat menjadi 88,19%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapatdisimpulkan bahwa penerapan metode bercerita dengan metode cerita bergambar dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak di PPT Matahari.
Actions (login required)
|
View Item |