INDRIATI, RETNO WAHYU
(2018)
PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN (THE DOLL HANDS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELOMPOK B DI PPT PELANGI KELURAHAN TANAH KALI KEDINDING KECAMATAN KENJERAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Rendahnya kemampuan berbahasa dalam mengulang cerita, kalimat, menjawab peryanyaan sederhana seperti apa, mengapa, di mana, kapan, dan menyebutkan nama-nama tokoh dalam cerita, karena itu pentingnya menerapkan d metode bercerita menggunakan media boneka tangan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B di PPT Pelangi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas (PTK). Subjek penelitian adalah semua anak di PPT Pelangi kelurahan Tanah Kali Kedinding kecamatan Surabaya yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif.
Berdasarkan penelitian pada prasiklus hasil persentase kemampuan berbahasa diperoleh 6,7% (1 anak yang tuntas), pada Siklus I hasil persentase kemampuan berbahasa diperoleh 40% (6 anak yang tuntas), dan pada Siklus II, persentase kemampuan berbahasa diperoleh 93,3%(14 anak yang tuntas). Metode bercerita melalui media tangan meningkatkan kemampuan berbahasa sangat berhasil pada anak kelompok B di PPT Pelangi kelurahan Tanah Kali Kedinding kecamatan Kenjeran Surabaya.
Metode bercerita menggunakan media boneka tangan di PPT Pelangi dapt meningkatkan kemampuan berbahasa 93,3% dari 15 peserta didik, melebihi ketuntasan indikator keberhasilan yang diharapkan. Maka dari itu metode bercerita dapat diterapkan di PAUD sebagai metode dan media yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa.
Actions (login required)
|
View Item |