PENERAPAN METODE BERMAIN PIRING ANGKA BAGI PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI DI POS PAUD TERPADU CERIA KECAMATAN KENJERAN SURABAYA

MULYAANI, NANIK SRI (2018) PENERAPAN METODE BERMAIN PIRING ANGKA BAGI PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI DI POS PAUD TERPADU CERIA KECAMATAN KENJERAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-180021_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20579.html

Abstract

Kegiatan berhitung merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Dengan media piring angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak, karena media yang menarik mempunyai peranan yang penting dalam proses belajar mengajar. Sehingga proses belajar mengajar tidak membosankan dan menyenangkan bagi anak usia didi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung anak melalui bermain piring angka Di PPT Ceria Kecamatan Kenjeran Surabaya. Metode penelitian dilakukan dengan tindakan kelas. Subyek penelitiannya adalah anak didik kelompok B di PPT Ceria Kecamatan Kenjeran Surabaya. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan hasil sebesar 64,97% ketuntasan belajar anak. Pada siklus II diperoleh hasil sebesar 79,98% ketuntasan belajar anak. Melalui hasil tersebut dapat dilihat bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak melalui bermain piring angka pada setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui bermain piring angka dikatakan berhasil dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 3-4 tahun. Untuk itu disarankan kepada guru dapat memberikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAstuti, PujiNIDN0703037204puji@unusa.ac.id
Thesis advisorNafiah, NafiahNIDN0723128403nefi_23@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: meningkatkan kemampuan berhitung , piring angka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 21 Mar 2019 04:11
Last Modified: 10 Apr 2023 04:28
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3905

Actions (login required)

View Item View Item