PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL MELALUI METODE BEKERJA SAMA BERMAIN PUZZLE PADA ANAK USIA DINI DI PPT BAHARI KEC. KENJERAN KOTA SURABAYA TAHUN AJARAN 2017-2018

SETYORINI, JUANING (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL MELALUI METODE BEKERJA SAMA BERMAIN PUZZLE PADA ANAK USIA DINI DI PPT BAHARI KEC. KENJERAN KOTA SURABAYA TAHUN AJARAN 2017-2018. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-180075_abstract.pdf

Download (935kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-21002.html

Abstract

Perkembangan sosial bagi anak usia dini kelompok usia 3-4 tahun di PPT Bahari merupakan aspek perkembangan yang dibutuhkan oleh anak. Aspek sosial merupakan aspek yang saling berkaitan satu sama lainnya karena tidak ada perkembangan sosial yang baik jika tidak terasah dengan baik. Selama pengamatan ditemukan beberapa masalah, contohnya anak tidak mau bergabung, bermain sendiri dan banyak menempel pada ibunya dan anak belum mampu bekerjasama dengan teman sebayanya dalam menyelesaikan tugasnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok B atau kelompok usia 3-4 tahun melalui bekerjasama bermain puzzle. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus , setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan, dalam setiap pertemuan terbagi menjadi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilanjutkan dengan analis data dengan statistik biasa. Subyek penelitiannya yaitu anak kelompok usia 3-4 tahun di PPT Bahari Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi Nilai rata-rata kemampuan sosial pada siklus I tingkat perkembangannya memperoleh persentase sebesar 67,01% dan siklus II meningkat dengan persentase sebesar 89,23%. Hal ini berarti terjadi peningkatan kemampuan sosial melalui bekerjasama bermain puzzle sehingga penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil karena telah mencapai target yang telah ditentukan. Kesimpulan dari penelitian ini ada peningkatan dari Siklus I dan Siklus II dengan menggunakan bermain puzzle sebesar 22,22%. Untuk itu disarankan bagi guru agar membuat perencanaan pembelajaran yang cermat, memberikan motivasi agar anak bisa tenang, dapat dijadikan sebagai acuan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamariyah, NurulNIDN0728017002nurulkamariyah@unusa.ac.id
Thesis advisorShodiq, M.NIDN0728106304sdqbluru@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan sosial, puzzle
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 21 Mar 2019 09:00
Last Modified: 09 Dec 2021 06:06
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3944

Actions (login required)

View Item View Item