MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA DADU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI PPT MUTIARA IBU SURABAYA

KAROLIN, MARI (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA DADU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI PPT MUTIARA IBU SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-180041_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20862.html

Abstract

meningkatkan kemampuan kognitif mengenal lambang bilangan melalui media dadu angka pada anak kelompok B di PPT Mutiara Ibu Surabaya. Penelitian tindakan kelas (PTK) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama. Pembimbing I Machmudah, S.Psi., M.Psi dan Pembimbing II bapak Mujad Didien Afandi, S.S., M.Pd Masa kanak-kanak awal (prasekolah) usia 3 – 4 tahun termasuk ke dalam masa emas perkembangannya. Oleh karena itu dalam proses belajar mengajar perlu adanya pengembangan model pembelajaran inovatif salah satunya media dadu merupakan salah satu media yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal angka pada ranah kognitif anak, yaitu dengan menyebutkan angka yang tertera dalam media dadu. Maka dari itu tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media dadu angka terhadap kemampuan kognitif anak dalam mengenal bilangan kelompok B di PPT Mutiara Ibu Surabaya Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas tentang hasil belajar sains, dalam materi pembelajaran mengenal lambanag bilangan melalui media dadu. Populasi penelitian ini adalah semua kelas B sebanyak 12 siswa Yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom - based action research). Berdasarkan dari siklus 1 dan 2 didapatkan perkembangan yang optimal yaitu tingkat keberhasilan 98 % dalam mengenal lambang bilangan 1- 5 dengan benar dan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh penggunaan media dadu angka terhadap kemampuan kognitif anak dalam mengenal bilangan 1- 5 sangat optimal. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan yang lebih baik pada guru dalam mengembangkan siswa didik yang baik dalam mengembangkan pembelajaran mengenal angka melalui media dadu.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMachmudah, MachmudahNIDN0712037401machmudah@unusa.ac.id
Thesis advisorNurjanah, SitiNIDN0715057605nungj@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media Dadu Angka, Kemampuan Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 22 Mar 2019 03:40
Last Modified: 10 Apr 2023 07:45
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3976

Actions (login required)

View Item View Item