HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA 3-5 TAHUN DI RT 14 RW 05 DESA BUDURAN SIDOARJO

MARDIYAH (2009) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA 3-5 TAHUN DI RT 14 RW 05 DESA BUDURAN SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
KT01396_abstract.pdf

Download (534kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-7042.html

Abstract

Perkembangan psikososial adalah cabang psikologi yang mempelajari perubahan tingkah laku dan kemampuan sepanjang proses perkembangan individu dari mulai konsepsi sampai mati. Faktor yang mempengaruhi psikososial anak antara lain : stimulasi, motivasi belajar, kelompok sebaya, dan pengetahuan ibu, Pada bulan Juni 2009 di Buduran Sidoarjo dari 40 ibu yang mempunyai anak usia 3-5 tahun sebanyak 8 orang, usia 4 tahun sebanyak 12 orang dan usia 5 tahun sebanyak 20 orang. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan perkembangan psikososial anak usia 3-5 tahun di RT 14 RW 05 Desa Buduran Sidoarjo. Desain penelitian yang digunakan analitik cross sectional.dengan Populasi dalam penelitian ini adalah 40 orang ibu dan anak usia 3-5 tahun di posyandu Desa Buduran Sidoarjo dan besar sampel 36 responden. Cara pengambilan sampel dengan simple random sampling. Variabel penelitian adalah tingkat pengetahuan sebagai variabel independen dan perkembangan psikososial anak sebagai variabel dependen. Untuk pengumpulan data responden digunakan instrumen kuesioner dan observasi kemudian dilakukan uji statistik fisher exact test dengan tingkat kemaknaan a= 0,05. Hasil uji fisher exact test didapatkan nilai P = 0,025 < a = 0,05 maka Ho ditolak yang berarti ada hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan perkembangan psikososial anak usia 3-5 tahun di Desa Buduran. Kesimpulan penelitian ini adalah semakin baik tingkat pengetahuan ibu maka semakin baik pula perkembangan psikososial anak. Saran untuk ibu dapat berusaha menambah atau mendapat informasi dari tenaga kesehatan tentang cara mengembangkan psikososial anak usia 3-5 tahun.

Item Type: Undergraduate Thesis
Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan, perkembangan psikososial
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ499-507 Mental disorders. Child psychiatry
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Diploma III Nursing
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 07 May 2019 04:26
Last Modified: 07 May 2019 04:26
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/4367

Actions (login required)

View Item View Item