SARI, SHINTA
(2019)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD TAQUMA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah yang dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran IPS di kelas V SD Taquma Surabaya. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa disebabkan guru belum menggunakan metode pembelajaran yang tepat dengan materi yang diajarkan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam materi Interaksi Manusia dan Lingkungannya adalah metode Problem Based Learning.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Interaksi Manusia dan Lingkungannya dengan menggunakan metode Problem Based Learning pada materi Interaksi Manusia dan Lingkungannya bagi siswa kelas V SD Taquma Surabaya semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan memecahkan masalah dalam pembelajaran IPS dan variabel bebasnya adalah model problem based learning. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SD Taquma Surabaya yang berjumlah 30 siswa dengan rincian, 19 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas, dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar dengan menggunakan panduan observasi dan soal tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif.
Actions (login required)
|
View Item |