PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD TAQUMA SURABAYA

SARI, SHINTA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD TAQUMA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-190006_abstract.pdf

Download (658kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-21852.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah yang dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran IPS di kelas V SD Taquma Surabaya. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa disebabkan guru belum menggunakan metode pembelajaran yang tepat dengan materi yang diajarkan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam materi Interaksi Manusia dan Lingkungannya adalah metode Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Interaksi Manusia dan Lingkungannya dengan menggunakan metode Problem Based Learning pada materi Interaksi Manusia dan Lingkungannya bagi siswa kelas V SD Taquma Surabaya semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan memecahkan masalah dalam pembelajaran IPS dan variabel bebasnya adalah model problem based learning. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SD Taquma Surabaya yang berjumlah 30 siswa dengan rincian, 19 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas, dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar dengan menggunakan panduan observasi dan soal tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayat, Muhammad ThamrinNIDN8858510016thamrin@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 16 May 2019 04:20
Last Modified: 12 Apr 2023 06:58
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/4679

Actions (login required)

View Item View Item